Banyak perusahaan kini telah mengetahui bahwa audiens yang bisa dijangkau oleh karyawan mereka jumlahnya jauh melampaui jangkauan perusahaan tempat mereka bekerja.

Coba saya beri contoh dari apa yang saya maksud. Jika akun resmi LinkedIn perusahaan A memiliki 1000 followers, tetapi mereka memiliki 25 karyawan yang semuanya rata-rata memiliki 500+ koneksi, maka jangkauan total karyawan yang digabungkan adalah sebanyak 12.500 orang, yang artinya lebih banyak dari 1000 followers asalnya. Tambahkan juga aktivitas para karyawan tersebut di platform lainnya seperti Facebook, Instagram dan Twitter, serta teman-teman dan followers mereka, dan itu pasti akan bertambah. Nah, kesempatan yang ada sekarang adalah entah bagaimana caranya, si perusahaan mendorong karyawan mereka untuk berbagi informasi tentang perusahaan yang relevan dengan audiens mereka sendiri.

Mungkin ini lebih mudah dengan beberapa bisnis dibandingkan yang lainnya. Perusahaan makanan yang meminta karyawan untuk berbagi resep keren dengan teman dan koneksi mereka akan jauh lebih mudah terputus daripada perusahaan mesin fotokopi yang meminta karyawan mereka untuk membagikan postingan perusahaan kepada audiens mereka. Dalam kasus di mana contoh bisnisnya tidak terlalu seksi, terutama beberapa produk dan layanan B2B, perusahaan harus sedikit lebih kreatif dalam cara membuatnya bisa berhasil.

Coba bayangkan mempekerjakan seorang tenaga penjualan untuk posisi di perusahaan Anda hari ini. Anda memiliki tiga pelamar terakhir untuk dipilih dan di atas kertas dan melalui wawancara mereka semua dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Apa yang akan membantu Anda membuat keputusan? Akan menjadi langkah yang cerdas untuk memilih satu kandidat dengan audiens terbesar, karena ke depannya, Anda ingin seseorang dengan basis koneksi yang hebat agar bisa dimanfaatkan secara fisik di lapangan dan mempengaruhi secara online.

Jika sebagai perusahaan Anda belum pernah menggunakan konsep ini, saya yakin Anda jadi menyadarinya setelah membaca tulisan ini. Tantangan bagi Anda, jika Anda memilih untuk menerimanya, adalah menemukan cara untuk membuat konsep tersebut berjalan dengan baik untuk perusahaan Anda tanpa mengasingkan tim Anda dan menuntut mereka melakukannya. Melakukan hal tersebut tidak akan berhasil dan tidak adil bagi mereka atau jaringan pribadi mereka, tetapi dengan melakukannya dengan benar maka Anda akan dapat memperluas jangkauan perusahaan Anda secara besar-besaran.

Office photo created by tirachardz – www.freepik.com