Memahami cara kerja blockchain dan crypto itu susah-susah gampang. Dulu sih susah sekali karena sebagian besar masih banyak yang belum tahu, sekarang makin banyak pengaplikasian blockchain jadi semakin mudah dimengerti walaupun tetap saja banyak yang tidak tahu hubungannya dengan crypto.

Blockchain dan crypto itu seperti kembar dempet yang tidak bisa dipisahkan. Mereka bekerja bahu membahu agar tugas yang harus diselesaikan bisa terlaksana. Blockchain adalah yang mendapat mandat pekerjaan namun untuk melaksanakannya mereka perlu meminjam jutaan mesin yang ada pada komputer pengguna. Sebentar, pinjam sama siapa? Memangnya akan ada yang mau meminjamkan? By the way, meminjam itu bukan berarti gratisan lho ya, pasti dibayar. Nah dibayarnya pakai crypto. Tanpa ada crypto ya gak ada yang mau meminjamkan mesin di komputer untuk memproses pekerjaannya si Blockchain. Karena dibayar maka banyak yang proaktif mau meminjamkan, nah ini yang disebut dengan mining (menambang).

Lalu pekerjaannya apa sih sebenarnya? Ya tergantung peruntukkan si blockchain saat dibuat. Tapi hampir semua pekerjaan yang dilakukan oleh blockchain itu adalah menyangkut pada pencatatan dan verifikasi. Istilah kerennya ledger. Pencatatan apa? Ya macam-macam tergantung si peruntukkannya.

Saya kasih contoh sedikit deh ya. Ada satu aplikasi yang namanya Coin Apps dimana saat kita menjalankannya maka pergerakan kita dibayar dengan coin. Platform blockchain yang digunakan namanya XYO Network. Pergerakan itu maksudnya apa? Ya bergerak dari satu titik ke titik lainnya. Di aplikasi tersebut ada mapnya (kayak Google Maps). Buat apa? Coin Apps ini mengambil data-data lokasi. Semakin sering kita jalan-jalan (dengan mengaktifkan Coin Apps ini) maka semakin banyak kita akan bisa mendapatkan coin yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam barang.

Contoh lain lagi adalah browser yang namanya Brave. Perbedaannya dengan browser lain adalah Brave ini berbasis blockchain yang namanya BAT (Basic Attention Token). Brave ini browser yang memberi kita reward atas perhatian kita saat internet surfing menggunakan Brave. Seperti Google Chrome, Brave gratis untuk diunduh. Tetapi dengan Brave, kita akan dibayar bila kita tetap tinggal.

Ini token BAT saya setiap minggu masuk kedalam wallet saya, dan BAT itu hitungannya sudah seperti crypto karena bisa dikonversikan ke mata uang fiat (Rupiah misalnya).

Cukup jelas kah? Pasti belum ya? Kapan-kapan akan saya coba lanjutkan lagi. Meanwhile kalau ada yang ingin bertanya boleh lho.

Business photo created by vwalakte – www.freepik.com