Formula yang cukup sederhana terus menerus digaungkan oleh para influencer di dunia internet, yaitu:

  1. Desain brand Anda
  2. Identifikasi pesan Anda
  3. Keluarkan pesan Anda
  4. Perkuat pesan Anda

Sebagai seorang profesional dalam berbisnis, banyak dari kami mengikuti ajakan ini dengan patuh. Kami menulis dan berbagi artikel atau memposting kutipan inspirasional yang akan beresonansi dengan komunitas online kami. Kami mengikuti orang lain yang selaras dengan tujuan kami sendiri, dan kemudian kami memposting ulang dan men-tweet ulang pesan mereka ke pengikut kami. Menurut buku panduan jejaring sosial, kami melakukan segalanya dengan benar.

Izinkan saya bertanya kepada Anda: bagaimana poin-poin tersebut bekerja buat Anda? Apakah Anda melihat hasil apa pun? Dan jika Anda merasa mendapatkan hasil, bagaimana Anda mengukurnya? Saya akan coba berbagi rahasia dengan Anda untuk menemukan lebih banyak klien dengan cara yang benar.

Sebagai seorang pembicara, trainer, dan juga konsultan, saya bekerja dengan banyak bisnis dan pengusaha yang terus menceritakan kisah yang sama kepada saya. Mereka mengikuti aturan jejaring sosial karena para mentor mereka mengatakan bahwa mereka perlu melakukannya. Mereka lalu mulai rajin dengan strategi jejaring sosial mereka, tetapi mereka akhirnya menjadi terlalu sibuk dengan masalah yang lebih mendesak. Mereka masuk ke Facebook hanya ketika mereka punya waktu, atau mereka menjadwalkan beberapa tweet wajib, dan mereka menjauh dari LinkedIn sampai mereka memutuskan untuk mencari pekerjaan baru.

Mari kita lihat kenyataan yang ada, banyak orang tidak benar-benar mengerti bahwa menghabiskan banyak waktu di jejaring sosial sebenarnya sama dengan menyimpan uang di bank.

Untuk memahami jejaring sosial dan membuatnya berfungsi untuk bisnis Anda, penting untuk terlebih dahulu memahami fakto MENGAPA nya sebelum Anda meluncurkan strategi untuk menjalankan. Jika pertanyaan MENGAPA Anda memposting dan men-tweet itu tidak jelas, Anda akan terus menghabiskan waktu yang berharga untuk bersosialisasi tanpa mengetahui apakah upaya Anda efektif atau tidak (misalnya mengukur hasil). Untuk membantu Anda memahami faktor MENGAPA pada jejaring sosial Anda, saya akan meninjau logika di balik langkah para mentor-mentor Anda.

1.Jejaring sosial adalah tentang pengaruh. Semakin banyak pesan dan sudut pandang Anda yang unik diikuti dan diposting ulang, semakin besar pengaruh yang Anda miliki. Dalam bisnis saat ini, pengaruh berarti kompetensi. Oleh karena itu, semua bisnis harus beriklan/bersosialisasi, bahkan bisnis yang Anda jalankan dari meja dapur Anda.

2.Dengan konsumen yang dapat menutup iklan dan memajukan iklan dengan cepat, iklan sekarang menjadi lebih subtil, seperti penempatan produk. Kami tidak lagi bergantung pada iklan untuk memberi tahu kami tentang gadget atau model baru. Sebagai gantinya, kami mencari “bukti sosial” di komunitas fisik dan virtual kami. Siklus hidup produk atau layanan secara tradisional mengikuti kurva Bell (lihat ilustrasi di bawah).

3.Menarik early adaptor adalah salah satu cara bagaimana produk atau layanan Anda bisa mendapatkan perhatian lebih lanjut dan para early adaptor ini akan membantu Anda membangun track record. Mulai dari sana, pengaruh Anda yang konsisten membuatnya lebih mudah untuk meyakinkan mayoritas bahwa apa yang Anda tawarkan layak untuk dimiliki. Pengaruh Anda tumbuh karena Anda dapat dipercaya, konsisten, dan pesan Anda selaras dengan orang lain.

4.Adalah tugas Anda untuk mengidentifikasi dan menunjukkan kepada konsumen mengapa mereka harus mempekerjakan Anda. Sudut pandang Anda perlu didefinisikan dengan jelas dan persona internet Anda harus selaras dengan USP (unique selling proposition) Anda. Jika tidak, Anda mungkin dianggap fake (palsu).

5.Pengaruh jejaring sosial diukur dari jumlah dan kualitas interaksi yang Anda buat dengan komunitas dan pengikut Anda (followers). Begitu Anda menjadi berpengaruh di lingkaran tersebut, Anda telah memperoleh kekuatan untuk membujuk. Sekarang, Anda dapat menawarkan lebih banyak produk dan layanan yang memberikan solusi untuk masalah yang dimiliki banyak orang dan pengaruh yang Anda peroleh dari para inovator dan pengguna awal adalah bukti sosial yang dicari sebagian besar orang sebelum mereka membeli.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Oprah tidak pernah diprotes karena menampilkan satu produk? Dia membuat setiap produk yang disentuhnya sukses dalam semalam karena folower yang ia miliki mempercayai penilaiannya.

Sebelum Anda kembali memberikan update dan menulis posting blog, putuskan apa yang ingin Anda capai terlebih dahulu. Pelajari kurva Bell dan kenali siapa pelanggan Anda saat ini. Dapatkan pengaruh dari berkomunikasi dengan sudut pandang yang jelas. Mengapa hal tersebut menarik? Mengapa Anda mempostingnya? Mengapa itu penting bagi pengikut Anda? Ketimbang hanya memposting apa yang menurut Anda menarik, beri tahu kami MENGAPA itu penting sehingga kami dapat lebih memahami tentang siapa Anda dan belajar mempercayai Anda.

Photo by William Krause on Unsplash