Kita semua tahu dan sadar tentang semakin pentingnya peranan komputer berbasis mobile dalam kehidupan kita. Tidak saya tidak berbicara mengenai laptop ataupun notebook. Saya bicara tentang perangkat mobile berbasis selular ataupun wifi seperti smartphone dan tablet. Mengapa saya bilang makin penting? Karena perlahan tapi pasti aplikasi-aplikasi penunjang pekerjaan serta kehidupan kita yang tadinya berjalan di perangkat komputer biasa, kini mulai bisa didapati pada perangkat-perangkat mobile.

Saat saya menulis blogpost ini, saya sedang duduk di dalam mobil setelah berbelanja di pasar. Saya tidak menggunakan laptop namun saya menggunakan tablet yang terkoneksi ke jaringan internet di smartphone saya dengan menggunakan aplikasi blogging yang sudah saya install didalamnya.

Jelas sudah bahwa aktivitas blogging kini sudah masuk ke dalam perangkat komputer berbasis mobile.

Blogging platform yang saya gunakan saat ini (dan masih menjadi platform favorit saya) adalah WordPress yang aplikasi mobile nya saat ini sudah tersedia untuk iOS dan Android. Yang saya suka dari platform ini adalah interface yang dibuat sederhana sehingga memudahkan penggunaannya bahkan ketika kita ingin menambahkan image serta link.

Saat Anda menjalankannya, Anda harus login terlebih dahulu ke akun WordPress.com Anda yang kita tahu adalah gratis. Dari interface utama, Anda bisa membuka blog-blog yang sudah pernah dibuat sebelumnya, atau Anda bisa membuat blog baru. Begitu Anda sudah berada di blog, membuat tulisan baru adalah mudah, semudah memulainya dengan menekan tombol plus yang sudah tersedia untuk membuat tulisan baru. Halaman baru akan terbuka yang bisa mulai diisi dengan tulisan Anda, lengkap dengan bagian judul serta badan teks.

Saat menulis, Anda bisa menandai kata-kata yang diinginkan lalu dengan menggunakan kontrol formatting yang tersedia Anda bisa menjadikannya tebal (bold) atau miring (italic) atau bahkan menambahkan link menuju ke website lainnya. Menambahkan foto dari gadget/smartphone Anda pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu cukup dengan menekan icon gambar. Anda juga bisa melihat terlebih dahulu seperti apa tulisan yang akan Anda kirim lewat icon bola mata yang tersedia. Dan setelah itu Anda bisa memberikan beberapa tag terhadap tulisan Anda dengan beberapa kata kunci dan mengirimkannya.

Aplikasi Alternatif

Ada setidaknya 3 aplikasi alternatif selain WordPress yang dapat Anda gunakan yaitu:

Tumblr

Layanan blog yang sempat diakusisi Yahoo dan sekarang diakuisisi oleh Automattic (perusahaan pembuat WordPress) beberapa waktu yang lalu ini juga mempunyai aplikasi mobile. Melakukan posting mulai dari artikel, foto, quote, dan membagikan sebuah artikel ke media sosial lain dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi ini. Tentu saja, untuk dapat menggunakan Tumblr, pengguna harus mendaftar pada situsnya. Tumblr ini bisa tersedia untuk iOS dan juga Android, tentunya selain yang web-based lho ya.

Blogger

Jika Tumblr diakuisisi oleh Automattic maka layanan blog yang satu ini sudah diakusisi Google sejak lama. Mirip dengan para kompetitornya, aplikasi mobile Blogger yang hanya bisa digunakan di platform Android ini memungkinkan penggunanya melakukan posting dimana saja. Dapat mengelola lebih dari satu akun blog serta penambahan informasi lokasi sebuah postingan dibuat adalah beberapa kelebihan dari aplikasi ini.

Byword

Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, aplikasi word processor Byword yang saat ini hanya tersedia di iOS (berbayar) ini bisa jadi pilihan agar konsistensi mengelola sebuah blog tetap terjaga. Byword merupakan salah satu aplikasi pengolah teks favorit saya. Karena kemampuannya mendukung markdown formatting serta kemampuan auto-publish ke beberapa platform blogging menjadikan Byword layak untuk dimiliki.

Pada penggunaannya para mobile blogger seringkali butuh sebuah alat untuk menyimpan banyak alamat website yang link nya akan disertakan dalam tulisan. Aplikasi Pocket dari Read It Later bisa memenuhi kebutuhan ini. Aplikasi ini menawarkan penyimpanan penanda (bookmark) dan video atau materi-materi yang saya temukan dalam aplikasi lain seperti Twitter. Belajar menggunakannya juga tidak memakan waktu lama, dan juga aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang tersedia untuk iOS dan Android.

Kini, bila Anda punya cerita untuk dibagikan, Anda tidak perlu menunggu sampai di rumah atau tempat kerja untuk mengerjakannya di komputer. Mobilitas adalah kebahagiaan baru bagi para blogger yang selalu dinamis bergerak.

Coffee photo created by wayhomestudio – www.freepik.com