Oleh Michael de Groot

Kesabaran adalah sesuatu yang tidak selalu alami bagi para sales professionals atau sales managers. Dorongan untuk menjual seringkali membuat jalan pintaslah yang diambil dan berarti lebih banyak pembeli potensial yang hilang. Setiap pembeli potensial adalah penting dan jika Anda mempush pembeli potensial maka ini akan membuat proses social selling jadi jauh lebih sulit. Ketika Anda mempelajari pembeli Anda dengan hati-hati, Anda akan mengenal mereka dan menemukan benang merah dimana dengan begitu Anda dapat membuat pengantar yang lebih mudah untuk terhubung dengan mereka.

Pertama, Anda perlu mempelajari di mana pembeli Anda berbagi aktivitas mereka. Apakah melalui LinkedIn atau Twitter atau keduanya? Kedua saluran ini cenderung paling aktif digunakan oleh para profesional bisnis. Tapi hati-hati mereka tidak selalu menggunakannya dan beberapa bahkan jarang mengupdate di jejaring ini.

Pelajari terlebih dahulu perusahaan dan juga orang-orang yang bekerja di sana, follow perusahaan tersebut di LinkedIn dan teliti artikel apa pun di mana calon pembeli Anda dapat disebutkan atau ditampilkan.

Ada dua cara yang sangat berguna agar Anda dapat melacak pembeli Anda tanpa terlalu terlihat jelas bagi mereka. caranya adalah dengan menggunakan ‘Twitter Lists’ dan ‘LinkedIn Tagging’. Di Twitter Anda dapat membuat daftar pribadi dan menambahkan akun Twitter ke daftar pembeli Anda. Sama halnya di LinkedIn, Anda dapat menyimpan seseorang ke database koneksi Anda di dalam LinkedIn, tanpa mengundang mereka terlebih dahulu dan dalam proses menyimpan prospek, Anda dapat menandai mereka. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang mereka dan menemukan utas umum di profil mereka, tweet mereka, atau apa pun yang dapat Anda temukan yang memungkinkan kalian berdua memiliki kesamaan.

Orang membeli dari orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Pada awal membangun hubungan dengan pembeli Anda, satu-satunya hal yang dapat Anda bidik adalah ‘Kepercayaan’. Membangun kepercayaan harus sangat jelas dari kontak pertama yang Anda lakukan dengan pembeli Anda atau jika tidak maka Anda jadinya bisa membunuh peluang untuk memulai dialog.

Jadi apa solusinya? Undangan langsung untuk terhubung harus menjadi pilihan terbaik. Setidaknya Anda akan tahu 100% pasti bahwa mereka telah menerima permintaan Anda atau tidak. Anda juga dapat yakin bahwa mereka akan menerima reminder dari undangan Anda setidaknya 3 kali untuk menerima permintaan koneksi Anda atau klik abaikan.

Saya akan membiarkannya selama 3 minggu untuk melihat apakah mereka menerima, jika tidak, menghapusnya dari database koneksi Anda sebagai potensi yang hilang dan mencatat berapa banyak yang hilang. Bereksperimenlah dan lihat apa yang paling cocok untuk Anda.

Michael de Groot
LinkedIn: www.linkedin.com/in/stayingaliveuk
Web: www.stayingaliveuk.com
Twitter: @stayingaliveuk

Background photo created by freepik – www.freepik.com


Tulisan ini merupakan rangkaian dari serial tulisan “Social Selling Serial Tips” yang berisi kumpulan pendapat dari para praktisi terkemuka yang profilnya ada di LinkedIn. Anda dapat melihat siapa penulisnya dan menghubungi mereka langsung lewat setiap link yang ada pada akhir setiap tulisan.