Suka apa gak suka teknologi itu buatan manusia, dan kalau kita terlena dan menganggap mereka bisa menggantikan kita, ya siap-siap saja kecewa. Setidaknya untuk saat ini lho ya

Saya menulis blog sudah cukup lama, dan saya merasa sangat cocok dengan platform WordPress ini, dan saking cocoknya saya mempercayakan platform ini juga untuk menyimpan semua bahan tulisan dalam format draft. Ya betul, format draft jadi tempat saya menyimpan semua bahan tulisan, inspirasi dari orang lain (yang juga berbentuk tulisan) dan segala macam. Singkat kata, draft di WordPress itu jadi seperti inspiration board dalam hal blogging.

Kebiasaan ini sudah saya jalankan sejak lama, dan menjadi metode andalan saya agar tidak terjebak pada problem writer’s block, walaupun permasalahan lainnya muncul, yaitu malas menulis….hahaha!

Pada suatu hari tanpa saya sadari, saya kemungkinan salah menekan tombol publish pada salah satu draft yang berisikan satu buah artikel orang lain yang sudah saya terjemahkan (untuk memudahkan membaca) lalu jadilah blogpost tersebut live, dan secara otomatis tersebar kemana-mana. Saya gak ngeh juga sih, begitu saya lihat di beberapa medsos blogpost ini dishare, saya merasa ini blogpost yang sudah hasil pembaharuan dari artikel-artikel inspirasi yang saya kumpulkan, dan ternyata ini artikel asli yang cuman diterjemahkan saja. Saya tidak sadar sama sekali, sampai akhirnya muncul sebuah notifikasi di email saya bahwa ada seseorang yang mengquote dan memasukkan link ke tulisan saya tersebut. Saya kunjungi blogpost tersebut, dan saya menemukan ia menyandingkan link ke blogpost saya dengan link ke tulisan asli artikel tersebut dengan catatan, bahwa hanya pembaca yang mengerti bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris lah yang tahu apa yang terjadi.

Saya langsung tersadar bahwa terjadi suatu kesalahan yang menyebabkan si tulisan simpanan ini jadi terpublish. Buru-buru saya kembalikan ke draft karena memang itu hanya buat bacaan saya saja.

Thanks buat blogger yang sudah menunjukkan kesalahan yang terjadi, I do really appreciate it…:-)

Photo by Alexas_Fotos on Unsplash