Bisa gak ya kita membuat makanan sendiri tanpa harus membunuh mahluk lain? Atau memang kita dilahirkan sebagai mahluk pembunuh? Dimana keberlangsungan hidup kita itu sangat tergantung dari mahluk yang dibunuh.

Paragraf di atas itu penggambaran yang cukup mengerikan ya kalau yang dibicarakan itu adalah kita, manusia. Hanya kalau dipikir-pikir memang begitu adanya kan ya? Kita tidak lebih sama saja dengan mahluk omnivora lainnya yang harus memakan mahluk lain untuk hidup. Bedanya we doing it with style…..halaaaaah

Saya mencoba untuk berusaha jujur saja ya karena memang saya sering stress sendiri jika terpikir betapa semua makanan yang kita makan most of all dulunya adalah mahluk hidup seperti kita, seperti saya. Apa yang membuat saya punya hak untuk menyantap mereka?

Baik, jika kita tidak membunuh dan memakan mahluk hidup lainnya lalu bagaimana kita hidup? Apakah tidak ada makanan yang bisa kita makan yang bukan berasal dari mahluk hidup?

Itulah pertanyaan buat kalian yang sudah berhasil membebaskan diri dari pertanyaan yang mempertanyakan kekejian hidup manusia. Saya bukan ingin menguji tapi memang jujur ingin bertanya pada kalian.

Photo by Los Muertos Crew on Pexels.com