Opini + Pemikiran + Celotehan

Celoteh

Memangkas Perantara

Baru saja selesai mengikuti sharing sessionnya Indra Aziz tentang NFT yang sengaja ia buat dengan mengundang teman-teman musisi yang ingin tahu lebih banyak tentang NFT.

Well, saya gak akan membahas NFT di tulisan saya ini (mungkin di tulisan lain kali ya), namun saya ingin membahas tentang betapa besarnya perubahan yang terjadi jika para musisi sudah mulai menggunakan NFT untuk dapat mendistribusikan karya mereka.

Poin-poin yang menurut saya cukup keren adalah, NFT membuat:

  • Musisi bisa menorehkan identitas kepemilikan bagi setiap karya mereka dengan menambahkan NFT, karena NFT itu sendiri seperti sertifikat kepemilikan yang tidak bisa diubah-ubah (terpatri dalam smartcontract)
  • Musisi (dan juga setiap pendukung karya) akan bisa mendapatkan royalti pada setiap karya yang terjual tanpa harus berhubungan dengan badan-badan kolektif yang tugasnya tadinya mengumpulkan hak-hak royalti tersebut. Dengan adanya smartcontract pada blockchain yang digunakan untuk NFT, maka pembagian Royalti tersebut sudah secara otomatis terbagi dan terdistribusi lewat wallet masing-masing penerima hak yang dicantumkan pada smartcontract.
  • Strategi pemasaran pun bisa diatur dalam smartcontract sehingga sistem langsung mengaturnya, misalnya, jika dalam smartcontract itu ingin diatur gimmick-gimmick marketing yang ingin dibagikan sebagai nilai tambah bagi para pembeli karya berNFT, seperti voucher, gratis nonton live concert, dan lain sebagainya.
  • Marketplace untuk berjualan musik berNFT semakin banyak bermunculan, membuat sebenarnya kreator jadi banyak pilihan.

Nah dengan demikian, kalau semua hak sudah bisa di set secara otomatis, saya pikir para badan pengumpul royalty yang ada sekarang harus segera memberikan nilai baru agar bisa tetap relevan. Atau ya banting setir ke pekerjaan lain, karena masalah royalty yang ngejelimet sudah secara otomatis terpecahkan dengan adanya platform blockchain yang ujung tombaknya NFT ini.

Bagaimana menurut kalian?

Photo by Soundtrap on Unsplash

Leave a Reply

%d bloggers like this: