Opini + Pemikiran + Celotehan

Komunikasi

Membangun Interaksi Dengan Audiens

Photo by Luis Quintero on Pexels.com

Membangun interaksi di manapun Anda berada itu adalah kemampuan tingkat tinggi yang tidak bisa dilakukan dengan mudah, dan sayangnya ketika saya masih kecilpun sistem pendidikan kita pada saat itu tidak berhasil memupuk kemampuan tersebut sehingga saya dalam hal ini harus berjuang belajar sendiri pada saat kuliah, karena pada saat kuliah hampir semua tugas harus dipresentasikan, sehingga mau tidak mau kami pada saat itu harus belajar bercerita dan menjelaskan sampai audiens kita mengerti.

Saya berharap generasi sekarang sudah mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik ketimbang saya dulu dalam hal berkomunikasi tentunya.

Presentasi itu satu hal, bercerita hal lain, menceritakan sesuatu yang bikin orang tertarik itu sesuatu yang lain lagi dibandingkan kedua hal sebelumnya. Jadi memang tidak bisa dianggap sepele sih, belum lagi harus berjuang melawan diri sendiri. Ya rasa malu, kurang pede, gugup, dan lain sebagainya.

Jaman sekarang untuk belajar bagaimana cara menyampaikan ide didepan publik itu mudah. Salah satu cara yang sering saya gunakan adalah menonton video-video presentasi TEDx seperti di bawah ini:

https://youtube.com/watch?v=1nYFpuc2Umk%3Fstart%3D58%26feature%3Doembed
https://youtube.com/watch?v=y66YKWz_sf0%3Ffeature%3Doembed

Dan masih banyak lagi sesi-sesi presentasi yang sangat menarik di TEDx ini. Selain itu saya juga banyak menonton interaksi para performer, bisa penyanyi atau musisi saat mereka sedang konser. Salah satu yang sangat menarik untuk saya adalah Joss Stone saat membawakan hitsnya, “Super Duper Love” pada saat Infinity Hall Live 2016, silahkan saksikan videonya di bawah ini:

https://youtube.com/watch?v=YPf2gorB8OE%3Ffeature%3Doembed

Joss berhasil membuat para penonton yang tadi duduk manis mulai beranjak dan bergoyang bersamanya. Cara Joss berinteraksi dengan penonton menurut saya sangat mengagumkan.

What do you think?

Leave a Reply

%d bloggers like this: